Air di Kelok Antu Kembali Meluap ke Jalan Padang Panjang-Bukittinggi - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

Jumat, 19 April 2024

Air di Kelok Antu Kembali Meluap ke Jalan Padang Panjang-Bukittinggi


PADANG PANJANG, kiprahkita.com - Hujan yang mengguyur kawasan X Koto dan seputaran Gunung Marapi, Jumat (19/4), menyebabkan air di Kelok Antu Nagari Aie Angek kembali meluap ke jalan nasional Padang Panjang-Bukittinggi.


Luapan air itu terjadi pukul 16.25 WIB. Untuk menghindari yang tak diinginkan, petugas pun menghentikan kendaraan yang akan melintas, baik dari arah Padang Panjang maupun Bukittinggi.


Sebuah video yang dirilis menyiarkan informasi dari Babinsa setempat Anang, menyebutkan, genangan air yang meluap ke jalan itu, dinilai bisa membahayakan kendaraan yang melintas. Apalagi, kondisi jalan yang dihantam lahar dingin Gunung Marapi pekan kemarin, kini sudah retak.


Satu jam sebelum luapan air ke jalan itu, laman potretkita.id memberitakan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Padang Panjang, memberlakukan sistem buka tutup, pada jalan nasional yang menghubungkan Padang Panjang-Bukittinggi di Kelok Antu Nagari Aie Angek, mulai Jumat (19/4) siang.


Kepala Satlantas Iptu Afrizal Sahar menjelaskan, pemberlakuan sistem buka tutup ini disebabkan oleh keretakan yang terjadi pada salah satu jalur di kawasan yang terdampak banjir lahar erupsi Gunung Marapi. Akibatnya, hanya satu jalur yang bisa dilalui kendaraan.


"Kami menghimbau agar pengguna jalan memilih jalur alternatif. Kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang diharapkan melalui Melalak untuk mengurangi kemacetan," ungkapnya, didampingi oleh Kabag Ops Polres Padang Panjang AKP Yaddi Purnama.


Beberapa hari belakangan, terlihat kemacetan yang mengular dari kedua arah pada jalan nasional tersebut. Bahkan, ekor kemacetan dari arah Padang menuju Bukittinggi, terlihat sampai ke perbatasan Panyalaian dengan Kota Padang Panjang.(mus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar