Gedung Perawatan Bayi RSUD Padang Panjang Diresmikan - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

Jumat, 19 April 2024

Gedung Perawatan Bayi RSUD Padang Panjang Diresmikan


PADANG PANJANG, kiprahkita.com - Penjabat (Pj) Walikota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, meresmikan Gedung Neonatal Intensive Care Unit (NICU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang, Jumat (19/4). 


Pembangunan gedung tersebut didanai melalui Dana Alokasi Khusus 2022 dan APBD Kota 2023. Fasilitas NICU ini merupakan komitmen Pemerintah Kota dalam pemenuhan pelayanan kesehatan yang terbaik, serta upaya meningkatkan mutu layanan kesehatan terutama bagi bayi baru lahir. 


Dalam sambutannya, Sonny menyatakan, keberadaan gedung NICU ini sangat penting untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat. akan perawatan kesehatan bayi secara intensif.


"Dengan adanya gedung NICU ini, kami yakin dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Padang Panjang secara keseluruhan," ujarnya.


Sonny juga menyoroti masalah angka kematian bayi, sebagai isu serius yang perlu diantisipasi. Penanganan bayi baru lahir yang membutuhkan perawatan khusus, memerlukan fasilitas yang memadai, namun tidak banyak rumah sakit yang memiliki fasilitas seperti NICU.


"Gedung NICU ini harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas para tenaga medis," tambahnya, sebagaimana diberitakan Dinas Kominfo Kota Padang Panjang.


Gedung NICU dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang Perinatologi, ruang ibu menyusui, ruang penyimpanan ASI, dan ruang perawatan lainnya. 


Direktur RSUD Lismawati R menjelaskan, kehadiran ruang ibu menyusui merupakan langkah penting dalam memastikan kesehatan bayi, karena kesehatan mereka sangat bergantung pada kedekatan dengan ibu.


Terlihat hadir pada kesempatan itu Kapolres AKBP Kartyana Widyarso WP, Kepala Kejaksaan Negeri Jerniaty, Pj Sekretaris Daerah Winarno, dan lain-lain.(kominfo pdp; ed. mus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar