Baru Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, Ahli Waris Terima Santunan - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

Kamis, 02 Mei 2024

Baru Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, Ahli Waris Terima Santunan


TANAH DATAR, kiprahkita.com - Ahli waris Jhon Fitri, seorang warga Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo Utara, menerima santunan Jaminan Kematian (JKM) dari BPJS Ketenagakerjaan yang diserahkan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, di rumah duka pada Rabu (01/05).


Penyerahan santunan ini dilakukan sebagai bagian dari dukungan pemerintah daerah untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.


Bupati Eka Putra menyampaikan rasa duka yang mendalam atas berpulangnya Jhon Fitri. Dalam sambutannya, ia menuturkan bahwa almarhum baru saja terdaftar dalam jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. 


"Uang yang diterima sebesar Rp42.000.000 ini manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dapat juga berkembang hendaknya, bisa dijadikan modal usaha dan bermanfaat untuk keluarga yang ditinggalkan dan bisa juga menjadi ladang amal bagi almarhum," ungkapnya.


Program jaminan sosial bagi pekerja bukan penerima upah (BPU) ini telah diluncurkan sejak dua tahun lalu oleh pemerintah daerah untuk membantu masyarakat yang tidak bekerja di perusahaan. 


"Program ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dan agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mampu di Tanah Datar," tambah Bupati Eka Putra. Dia juga mendorong Wali Nagari untuk proaktif menyampaikan manfaat BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat.


Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi, Iddial, turut menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum Jhon Fitri. 


Ia menjelaskan bahwa program BPJS Ketenagakerjaan ini membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan dan menghindarkan masyarakat dari hutang piutang, gadai, jeratan rentenir, dan resiko lainnya. 


“Untuk almarhum, dikatakannya baru 14 hari menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan sudah bisa dibayarkan santunan JKM-nya," ucap Iddial.


Penyerahan santunan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah dan tokoh masyarakat, termasuk Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Jefri Masrul, Camat Lintau Buo Mulkhairi, Forkopimca, Wali Nagari Tigo Jangko, dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.


Kegiatan ini menjadi salah satu contoh nyata bagaimana program BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, terutama bagi pekerja bukan penerima upah. Diharapkan, dengan adanya program ini, masyarakat memiliki perlindungan yang lebih baik di masa depan. (prokopim tnd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar