Kerugian Akibat Bencana Galodo Tidaklah Sedikit - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

Selasa, 21 Mei 2024

Kerugian Akibat Bencana Galodo Tidaklah Sedikit


TANAH DATAR, kiprahkita.com - Bencana galodo yang melanda beberapa nagari di Kabupaten Tanah Datar, membawa dampak yang luar biasa. 


Hingga kini, jumlah kerugian yang diderita masyarakat belum bisa dipastikan, namun diperkirakan nominal kerugian tersebut tidaklah sedikit.


Menurut data yang dirilis oleh Dinas Kominfo Tanah Datar hingga Selasa (21/5) pukul 11.00 WIB, dampak bencana ini sangat luas dan merusak banyak fasilitas umum serta hunian warga. 


Kepala Dinas Kominfo Yusrizal, menyampaikan dalam laporan tersebut, sebanyak 80 unit rumah mengalami kerusakan ringan, 26 unit rumah rusak sedang, 47 unit rumah rusak berat, dan 43 unit rumah hanyut terbawa arus banjir. Selain itu, 36 jembatan dilaporkan rusak parah.


Bencana ini juga menyebabkan korban jiwa sebanyak 32 orang, dengan rincian korban luka ringan 13 orang, luka berat 7 orang, dan 10 orang dilaporkan hilang. Sebanyak 7 orang lainnya menderita penyakit akibat dampak bencana.


Kerusakan tidak hanya terjadi pada rumah warga, tetapi juga pada fasilitas umum dan lahan pertanian. Banjir lahar dingin merusak 19 tempat ibadah, 1 fasilitas pendidikan, 20 sarana perdagangan, dan satu fasilitas kesehatan.


Lebih dari 412 hektar lahan persawahan, 61 unit irigasi, 146 sektor perikanan, 10 objek wisata, dan 9 unit Industri Kecil dan Menengah (IKM). Selain itu, sebanyak 15.032 hewan ternak juga terdampak.


Tidak hanya itu, 51 unit kendaraan roda empat dan 119 unit kendaraan roda dua mengalami kerusakan akibat bencana ini. Akibat dari kerusakan yang meluas ini, jumlah pengungsi tercatat sebanyak 3.030 jiwa yang tersebar di 6 kecamatan terdampak.


Hingga kini, upaya penanganan dan bantuan terus dilakukan oleh berbagai pihak untuk membantu para korban bencana dan memperbaiki kerusakan yang terjadi. Pemerintah daerah bersama dengan tim relawan dan lembaga terkait berusaha untuk memulihkan kondisi di daerah yang terdampak bencana ini.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar