Status Gunung Marapi Belum Turun - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

Kamis, 02 Mei 2024

Status Gunung Marapi Belum Turun

Gunung Marapi dalam peta.

PADANG PANJANG, kiprahkita.com - Aktivitas kegempaan dan letusan Marapi cenderung menurun, namun statusnya belum bisa diturunkan.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) berkesimpulan, Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, masih tetap berstatus Level III atau Siaga, berdasarkan hasil pengamatan intensif 23-30 April 2024.


"Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi menyeluruh hingga 30 April 2024, maka tingkat aktivitas Gunung Marapi tetap pada Level III (Siaga)," sebut Kepala PVMBG Hendra Gunawan, Kamis (2/5).


Dalam suratnya yang ditujukan kepada semua pihak terkait, khususnya pemerintah daerah seperti Gubernur Sumbar, Walikota Padang Panjang dan Bukittinggi, serta Bupati Tanah Datar dan Agam, Kepala PVMBG mengakui ada penurunan aktivigas Gunung Marapi selama periode pengamatan, baik visual maupun instrumental.


Namun demikian, imbuhnya, masih ada potensi erupsi. Untuk itu, tuturnya, diperlukan waktu untuk melihat konsistensi atau kestabilan aktivitas gunung itu.


Dalam seminggu pengamatan, masih tercatat dua kali gempa letusanm 73 kali hembusan, 3 kali tornillo, 9 kali low frequency, 4 kali hybrid, 5 kali  vulkanik dangkal, 34 kali vulkanik dalam, 19 kali tektonik lokal, 17 kali tektonik jauh, dan tremor menerus.(mus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar