Ribuan Warga Pasbar Lancarkan Aksi Bela Palestina - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

Minggu, 19 November 2023

Ribuan Warga Pasbar Lancarkan Aksi Bela Palestina

 


SIMPANG AMPEK, kiprahkita.com - Ribuan warga Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (18/11), dari pagi sampai sore, melancarkan aksi solidaritas bela Palestina.


Pusat kegiatan sekaligus titik kumpul ribuan warga dari sebelas kecamatan itu berada di komplek Mesjid Agung Baitul Ilmi, Pasaman Barat, Simpang Ampek.


Aksi bela Palestina tingkat kabupaten itu, diawali penyelenggaraan shalat gaib di Mesjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Barat. Setelah itu, di halaman Masjid Agung, penyampaian orasi, disampaikan perwakilan tokoh agama, tokoh adat, ketua Organisasi Kemasyarakatan Islam, dan perwakilan pengurus organisasi kepemudaan yang lain.


Setelah sholat gaib dan penyampaian orasi di pentas yang diadakan di halaman Mesjid Agung, agenda solidaritas bela Palestina, dilanjutkan dengan long march, dari halaman Mesjid Agung menuju jalan Jalur 3/2.


Panitia pelaksana juga menyelenggarakan aksi penggalangan dana, yang diserahkan kepada rakyat Palestina, melalui lembaga resmi dan ditetapkan pemerintah.


Ketua  Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina Darmansyah, sekaligus ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pasaman Barat mengatakan, pihaknya bersama peserta dan pihak terkait, melakukan penggalangan dana dan melelang sejumlah barang untuk membantu warga Palestina yang sedang berkonflik dari kekejaman zionis Israel semenjak beberapa waktu lalu.


Sejumlah peserta aksi peduli Palestina di sela-sela berlangsungnya Warga Pasaman Barat Peduli Palestina, mengaku, mereka sangat terharu melihat sikap dan kepedulian masyarakat Pasaman Barat, komit dan bersatu menyatakan peduli Palestina atas perlakuan bangsa zionis Israel.


"Kami selaku perwakilan perempuan bersama masyarakat Pasaman Barat mengecam aksi kekerasan dan serangan zionis Israel terhadap Palestina, yang hingga saat ini terus meraja lela," kata mereka dengan rasa kesal terhadap tindakan zionis Israel.


Dari aksi penggalangan dana untuk Palestina, hingga Sabtu siang berhasil terkumpul dana sebesar Rp270 juta. Namun, jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penggalangan masih terus berjalan.


Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki mengatakan, aksi solidaritas terhadap Palestina berjalan dengan aman dan lancar. "Kita menurunkan 100 orang personel mengamankan aksi solidaritas Palestina ini. Juga bergabung dengan tim gabungan lainnya seperti TNI, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan," katanya.


Sebelum beraksi jalan kaki, para warga menggelar shalat gaib di Masjid Agung Baitul Ilmi untuk korban konflik di Palestina. Mereka mendoakan agar warga Palestina segera bebas dari penjajahan. (gmz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar