Menakar Potensi Donny Karsont untuk Tanah Datar - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

Senin, 22 April 2024

Menakar Potensi Donny Karsont untuk Tanah Datar

Donny Karsont dalam suatu kesempatan bersama Eka Putra.(ist)

TANAH DATAR, kiprahkita.com - Donny Karsont Dt. Bijo Anso Nan Tinggi, tokoh muda asal Kabupaten Tanah Datar, kini semakin dikenal luas di masyarakat Sumatera Barat.


Jejak bisnisnya sudah demikian mantap, dan bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat berekonomi menengah ke bawah. Kekuatan bisnisnya terbaca di beberapa kabupaten dan kota di ranah ini.


Mantap sebagai saudagar dan pengusaha sukses, Donny yang berasal dai Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan, beberapa bulan belakangan dengan penuh keyakinan, mematangkan diri turun ke kancah politik praktis, guna menjadi aktor utama pengambilan kebijakan.


Kebijakan dan legislasi yang dihasilkan pemerintah, menurut Donny dalam suatu percakapan, harus mampu melapangkan jalan untuk meningkatkan kesejahteraan warga dan memajukan daerah.


"Saya merasa terhormat dan bersyukur atas dukungan yang diberikan oleh keluarga, sahabat, dan seluruh masyarakat. Inilah saatnya kita bersama-sama membuat perubahan yang nyata, berinovasi, dan meningkatkan hal-hal terbaik yang sudah ada," ujarnya.


Benarkah Donny Karsont akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dihelat pada November 2024 nanti? "Niat ada. Kini kami sedang mematangkan persiapan untuk mewujudkan niat itu," sebut Donny.


Donny adalah aktivis muda yang banyak beraktivitas di Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar. Dalam posisi mengatur langkah mewujudkan niat itu, Donny belum pula memutuskan, apakah dia akan maju menjadi calon walikota Padang Panjang atau bupati Tanah Datar.


Rekan-rekannya sesama aktivis di Kota Padang Panjang, menginginkan Donny maju di Kota Padang Panjang. Kekuatannya teramati maksimal untuk memimpin kota berjuluk Serambi Mekah itu.


Tapi banyak pula yang berkeinginan, Donny maju memimpin Tanah Datar untuk lima tahun ke depan, dalam rangka memajukan kampung halaman. Harapan itu, juga menjadi keinginan orangtuanya Karsont Dt. Rajo Endah yang kini adalah ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Batutaba.


Langkah Donny untuk maju dalam Pilkada 2024, baik sebagai bupati atau wakil bupati Tanah Datar, sesungguhnya sudah mendapat dukungan dari berbagai kalangan, termasuk tokoh masyarakat, akademisi, dan organisasi masyarakat sipil. 


Mereka percaya, Donny memiliki visi dan kemampuan untuk membawa perubahan dan melanjutkan hal-hal positif bagi daerah. Elektabilitas Donny menunjukkan tren positif, dengan tingkat popularitas yang tinggi dan kesukaan yang stabil. 


Hal ini, tentu tidak terlepas dari rekam jejaknya dalam mengembangkan bisnis dan keterlibatannya, dalam berbagai kegiatan sosial di Tanah Datar.


Nah, kombinasi antara Donny Karsont dan Eka Putra (bupati petahana), sesungguhnya bisa menjadi formula yang kuat untuk Pilkada 2024. Donny membawa visi kewirausahaan dan inovasi, sementara Eka memiliki pengalaman dalam pemerintahan dengan jaringan kerja yang kuat.


Kekuatan Donny juga terletak pada kemampuannya membangun hubungan dengan berbagai lapisan masyarakat. Ia dikenal sebagai sosok yang mudah didekati, dan mampu mendengarkan aspirasi rakyat. 


Donny telah berkomitmen untuk mendorong program-program yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat, termasuk pengembangan UMKM dan peningkatan infrastruktur.


Kekuatan geopolitik Donny juga tidak bisa dilihat sebelah mata. Bukan hanya Batipuh, Batipuh Selatan, dan X Koto (Basko), tetapi juga meluas hingga Kecamatan Pariangan dan Rambatan.


Survey yang pernah dilakukan Liberte Institute, menempatkan Donny Karsont menjadi salah seorang calon bupati Tanah Datar yang paling populer, yakni berada pada angka 30,4 persen, mengalahkan sejumlah tokoh senior.


Menurut Direktur Liberte Institute Indrayadi, nama Donny bisa menggoyang posisi tokoh-tokoh senior yang sebelumnya berada pada posisi terbaik, untuk dicalonkan sebagai bupati Tanah Datar. 


Ada 'fakta unik' yang juga menjadi kekuatan Donny, dia adalah tokoh muda yang aktif, serta bergerak cepat dalam menyentuh hati masyarakat melalui sosialisasi, ketika 'try out' melalui ajang pemilihan umum (pemilu) legislatif.


Pertanyaannya, apakah Donny Karson mau jadi 'orang nomor dua' bila maju bersama Eka, atau maju menjadi orang nomor satu, berpasangan dengan tokoh senior Tanah Datar? Hari-hari mendatang akan menjadi jawabannya.(MUSRIADI MUSANIF, wartawan utama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar