Sumbatan Gorong-gorong di Kelok Antu Akhirnya Tembus - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

Minggu, 21 April 2024

Sumbatan Gorong-gorong di Kelok Antu Akhirnya Tembus


TANAH DATAR, kiprahkita.com - Kerja keras semua pihak terkait akhirnya berbuah menggembirakan. Sumbatan gorong-gorong di bawah Jembatan Kelok Lubuak Antu tembus.


Kapolres Padang Panjang AKBP Kartyana Widyarso WP, Ahad (21/4) sore mengatakan, situasi di Jembatan Kelok Lubuak Antu, yang terletak di Sungai Batang Aie Kalek, Nagari Aie Angek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, telah mulai normal.


Situasi itu, pasca penambahan longsoran yang terjadi pada badan jalan utama antara Padang Panjang dan Bukittinggi. 


Menurutnya, pada Ahad sekitar pukul 16.00 WIB, arus lalu lintas di Jembatan Kelok Lubuak Antu sudah kembali normal. Namun, sistem buka-tutup masih diberlakukan, sebagai tindakan pengamanan tambahan untuk menghindari kecelakaan, dan mengatur aliran kendaraan yang melewati area tersebut.


"Cuaca pada waktu itu cerah, tanpa tanda-tanda luapan air di lokasi Jembatan Kelok Lubuak Antu. Debit air di Sungai Aie Kalek telah mulai surut, memberikan tanda positif untuk penanganan lebih lanjut," katanya, sebagaimana dirilis Humas Polres Padang Panjang.


Didampingi Kasatlantas Iptu Afrizal Sahar, Kapolres menyebut, pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Sumbar, telah melakukan penyedotan dan pembersihan material yang menutupi gorong-gorong di Jembatan Kelok Lubuak Antu, pada jalan nasional Padang Panjang-Bukittinggi itu. 


Berkat upaya tersebut, ujarnya, pada pukul 16.00 WIB, gorong-gorong yang sebelumnya tersumbat akhirnya berhasil ditembus, dan air dapat mengalir kembali dengan lancar.


Menurutnya, Polres Padang Panjang telah melakukan langkah-langkah berikut, untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas serta memberikan informasi kepada masyarakat:


1. Pos Pantau

Sebuah pos pantau telah didirikan di lokasi Jembatan Kelok Lubuak Antu, dengan empat personel yang bertugas mengatur arus lalu lintas melalui sistem buka-tutup.


2. Jalur Alternatif

Persiapan jalur alternatif dilakukan, sebagai antisipasi apabila terjadi luapan air atau situasi yang mengharuskan penutupan jalan.


3. Koordinasi Instansi Terkait

Polres Padang Panjang berkoordinasi dengan instansi terkait seperti DPJN, PU, dan Pemerintah Daerah untuk perbaikan jembatan dan infrastruktur lainnya.


4. Update Situasi

Informasi situasi terkini disebarluaskan melalui media sosial, dan saluran komunikasi online maupun offline, untuk memberi tahu masyarakat tentang perkembangan terbaru.


Dengan langkah-langkah ini, diharapkan situasi di Jembatan Kelok Lubuak Antu dan jalur Padang Panjang-Bukittinggi dapat tetap aman dan terkendali. 


"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada, dan mengikuti arahan petugas saat melintas di lokasi ini," katanya.(mus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar