Gunung Ruang Turun Status ke Level III - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

Selasa, 23 April 2024

Gunung Ruang Turun Status ke Level III

Gunung Ruang yang turun status dari Level IV ke Level III. (infopublik)

SITARO, kiprahkita.com - Setelah beberapa hari berstatus Level IV atau Awas, otoritas kegunungapian Indonesia kembali menurunkan Status Gunung Ruang.


Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), telah menurunkan status Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara kembali menjadi Level III (Siaga).


Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya penurunan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid menyatakan,  tingkat aktivitas diturunkan dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga) mulai Senin, 22 April 2024, pukul 09.00 WITA.


Meski statusnya diturunkan, Wafid menegaskan, PVMBG akan terus memonitor tingkat aktivitas Gunung Ruang dan mengevaluasi kembali secara berkala, atau jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. 


Dalam level Siaga ini, PVMBG telah menurunkan batas aman bagi aktivitas masyarakat dari 6 kilometer menjadi 4 kilometer, termasuk jarak evakuasi.


"Pada tingkat aktivitas Gunung Ruang dengan Level III (Siaga), PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar serta pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang," tegasnya. 


Selain itu, masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 4 kilometer, agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius tersebut.


Dengan adanya rekomendasi tersebut, diharapkan masyarakat dan pihak berwenang dapat menjaga kewaspadaan dan mengikuti arahan dari PVMBG untuk memastikan keselamatan di sekitar wilayah Gunung Ruang. 


PVMBG juga menyarankan, agar masyarakat selalu memperhatikan informasi terkini terkait aktivitas Gunung Ruang, melalui sumber resmi untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.(infopublik.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar