Jalan Provinsi Pintu Masuk ke Tanah Datar Segera Diperbaiki - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

Minggu, 05 Mei 2024

Jalan Provinsi Pintu Masuk ke Tanah Datar Segera Diperbaiki


PEKANBARU, kiprahkita.com - Kondisi jalan provinsi yang rusak  parah dari semua arah memasuki Batusangkar, mendapat perhatian serius dari berbagai pihak. 


Dalam acara halal bihalal dan silaturahmi Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Provinsi Riau, Bupati Tanah Datar Eka Putra, mengumumkan rencana perbaikan jalan-jalan utama yang menjadi pintu masuk ke wilayah Tanah Datar.


Acara yang berlangsung pada Sabtu malam, 4 Mei 2024, di pelataran sekretariat IKTD Provinsi Riau ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audi Joinaldi. 


Eka mengungkapkan, tahun ini perbaikan jalan yang menjadi kewenangan provinsi akan segera dilakukan, terutama jalan-jalan yang menghubungkan ke kota Batusangkar, yang saat ini dalam kondisi rusak.


"Kita sudah menganggarkan Rp65 miliar untuk perbaikan jalan-jalan kabupaten, dan ditambah Rp17 miliar dari Gubernur Sumatera Barat. Selain itu, tahun ini kita juga mendapat Inpres Jalan Daerah (IJD) dari Presiden sebesar Rp98 miliar," ujarnya.


Menurut bupati, lalan-jalan yang menjadi pintu masuk ke Tanah Datar akan segera diperbaiki, sehingga akses ke daerah itu lebih lancar dan aman.


Wagub Audi menambahkan, perbaikan jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi itu, telah dianggarkan dengan jumlah cukup besar. 


"Sumatera Barat mendapatkan dana IJD sebesar Rp483 miliar, dan sebagian untuk perbaikan jalan termasuk jalan Baso-Batusangkar sebesar Rp33,6 miliar, serta jalan Piladang-Batusangkar sebesar Rp19 miliar," kata Audi.


Selain infrastruktur, pemerintah daerah juga fokus pada sektor pariwisata dan pertanian. Bupati Eka Putra menyatakan bahwa meskipun Tanah Datar tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun memiliki alam yang indah dan berpotensi menarik wisatawan. 


Oleh karena itu, pemerintah daerah berencana mengembangkan sektor pariwisata secara berkelanjutan.


Acara halal bihalal ini juga menjadi momen untuk melepas 18 orang jamaah calon haji perantau asal Tanah Datar. Ketua IKTD Provinsi Riau Nurzahedi Tanjung, yang akrab disapa Edi Tanjung, berpesan kepada para jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan dan menjalankan ibadah dengan baik agar pulang dengan predikat haji yang mabrur.


Turut hadir dalam acara tersebut beberapa pejabat daerah dan tokoh masyarakat, termasuk Pj Gubernur Riau yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Provinsi Riau, serta beberapa pejabat dan staf ahli dari Pemprov Sumatera Barat dan Pemkab Tanah Datar.


Dengan komitmen yang kuat untuk memperbaiki infrastruktur dan mengembangkan sektor pariwisata, diharapkan Tanah Datar dapat terus berkembang dan menjadi destinasi wisata yang menarik di Sumatera Barat. (prokopim tnd; ed. mus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar