Begini Keadaan Marapi dari Semalam



TANAH DATAR, kiprahkita.com Dari semalam, aktivitas Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Tanah Datar dan Agam itu terlihat cukup landai.


Sabtu (15/6) pagi ini cuaca terlihat cerah. Dari Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Gunung Marapi terlihat cerah, kendati terjadi hembusan dengan asap berwarna hitam dan ditiup angin ke arah timur. Hingga pukul 07.30 WIB, asap yang keluar dari kepundannya masih jelas secara visual.


Menurut Suwandi Putra dari Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi Bukittinggi, dari pukul 00.00-06.00 WIB, hanya terjadi dua kali kegempaan, yakni satu kali tektonik lokasl dan satu kali tremor menerus.


Sementara itu, menurut catatan laman Magma Indonesia, sepanjang Jumat (15/6), aktivitas terpantau cukup dinamis, yakni terjadi 17 kali hembusan.


Selain itu, ada pula enam kali gempa tektonik lokal, dua kali gempa tektonik jauh, empat kali gempa tremor menerus.


Gunung Api dengan ketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) hingga saat ini masih berstatus Level III atau Siaga, yang ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak 9 Januari 2024 pukul 18.00 WIB.


Dengan demikian, enam poin rekomendasikan yang sudah dikeluarkan PVMBG, agar senantiasa diperhatikan dan dipatuhi oleh semua pihak, yakni tidak boleh beraktivitas dalam radius 4,5 kilometer dari kawah, mewaspadai bahaya lahar, dan menggunakan masker dan penutup hidung.


Kemudian, tidak terpengaruh atau menyebar hoaks, pemerintah daerah agar senantiasa berkoordinasi dengan PGA Marapi atau PVMBG, dan senantiasa memantau informasi Marapi melalui kanal resmi.(mus)

Posting Komentar

0 Komentar