Pembangunan Asrama Putri Pesantren Kauman Dikebut - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

close

Minggu, 11 Februari 2024

Pembangunan Asrama Putri Pesantren Kauman Dikebut

 


PADANG PANJANG, kiprahkita.com - Wakil Ketua Badan Pembina Pesantren (BPP) Kauman Muhammadiyah Drs. H. Yandri Naga, melakukan peninjauan langsung terhadap proyek pembangunan asrama putri pesantren di Kelurahan Koto Katiak, Kota Padang Panjang. 


Proyek ini dipercepat demi menyambut kedatangan santri baru pada tahun pelajaran 2024/2025. Proses pembangunan asrama putri tersebut sedang dipacu agar dapat memenuhi kebutuhan santri yang semakin meningkat. 


Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat Dr. Bakhtiar, telah menetapkan target sebanyak seribu santri untuk tahun pelajaran tersebut.


Mudir pesantren Dr. Derliana, menyatakan kesanggupannya untuk mencapai target yang ditetapkan oleh PWM Sumbar. Namun, ia menyoroti perlunya dukungan lebih lanjut, dalam hal fasilitas asrama dan ruang belajar untuk menampung jumlah santri yang semakin bertambah.


"Pembangunan asrama putri ini merupakan langkah penting dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal bagi santri putri. Namun, kami membutuhkan dukungan tambahan, agar proyek ini dapat terselesaikan tepat waktu, dan memenuhi standar kenyamanan serta keamanan bagi para santri," ujar Yandri.


Dengan upaya yang terkoordinasi antara BPP Kauman Muhammadiyah, PWM Sumbar, dan pihak pesantren, diharapkan pembangunan asrama putri ini, dapat selesai sesuai jadwal yang telah ditetapkan, sehingga memastikan fasilitas yang memadai, untuk mendukung pendidikan dan pengajaran di pesantren tersebut.


Sebelumnya, Ketua BPP Drs. H. Apris, MM mengatakan, manajemen Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, diharapkan dapat menjadi rujukan pula dalam pengembangan pesantren Muhammadiyah lainnya, tidak saja di Sumbar tetapi juga secara nasional.


"Kauman Padang Panjang ini menjadi rujukan. Untuk itu, kita terus mendorong berbagai upaya memantapkan sistem manajemennya. Tidak saja memenuhi kebutuhan taktis saat ini, tetapi juga langkah-langkah penting menghadapi perkembangan di masa mendatang," kata Apris yang juga merupakan sekretaris PWM Sumbar itu.


Semua langkah-langkah penting yang sudah diambil untuk memajukan pesantren, ujarnya, mendapat apresiasi dari BPP Kauman beserta PWM Sumbar. 


Dengan demikian, kata Apris lagi, apa yang telah dilakukan sejak empat tahun belakangan, merupakan langkah penting dalam upaya membangun pondasi yang kuat untuk memajukannya di masa yang akan datang.(mus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar