Seribu Lobang di Jalan Ombilin-Batusangkar - Kiprah Kita | Nuansa Baru

Breaking News

close

Senin, 12 Februari 2024

Seribu Lobang di Jalan Ombilin-Batusangkar

 


BACA JUGA


TANAH DATAR, kiprahkita.com - Kerusakan jalan provinsi yang menghubungkan Batusangkar dengan Ombilin atau sebaliknya. kini menjadi perbincangan  serius di tengah masyarakat.


Lobang-lobang besar yang memenuhi jalur tersebut, menjadi ancaman bagi keselamatan pengguna jalan. Diperkirakan jumlahnya mencapai seribu, dengan kedalaman dan lebar bervariasi, membuatnya sangat berbahaya bagi pengendara, terutama mereka yang menggunakan sepeda motor.


Lobang-lobang tersebut menjadi semakin parah saat hujan lebat, tergenang air yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan. 


Kerusakan jalan yang sudah terjadi dalam waktu yang cukup lama, dari masa kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi (almarhum) hingga Zuldafri Darma dan Eka Putra, belum menunjukkan tanda-tanda akan diperbaiki.


Jalan ini merupakan jalur vital yang setiap hari dilintasi oleh kendaraan dari berbagai arah, terutama yang menuju Bukittinggi, Payakumbuh, dan Pekanbaru dari arah Malalo, Solok, Selatan, Kerinci, dan Sungai Penuh.


BACA LAGI


Selain itu, jalan ini juga menjadi alternatif bagi truk dan bus berukuran tinggi, yang tidak dapat melintasi kawasan Tanjung Mutiara Batutaba, Batipuh Selatan, karena adanya perlintasan kereta api.


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menyikapi masalah ini dengan serius. Mereka telah menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar, untuk rehabilitasi jalan provinsi jalur Ombilin-Batusangkar pada tahun ini. 


Gubernur Mahyeldi Ansharullah, beberapa waktu lalu menjelaskan, pemeliharaan akses jalan tersebut, merupakan bagian penting dari upaya mendukung sektor pariwisata dan pertanian, di Kabupaten Tanah Datar, dan Sumbar secara keseluruhan.


"Dalam tahun 2024 ini, kita alokasikan dana sebesar Rp10 miliar dari APBD untuk merehabilitasi jalan tersebut. Kita sadar, jalan ini memiliki peran yang sangat vital, dalam mendukung distribusi hasil pertanian dan juga menjadi jalur alternatif saat masa libur tiba," ucapnya.


Gubernur Mahyeldi menyebutkan hal itu, saat menerima kunjungan Bupati Tanah Datar Eka Putra di Istana Gubernur Sumbar, beberapa waktu lalu.


Dengan alokasi dana tersebut, diharapkan jalan provinsi Ombilin-Batusangkar, akan segera mendapatkan perbaikan yang memadai, meningkatkan keselamatan pengguna jalan, serta mendukung pengembangan sektor pariwisata dan pertanian di wilayah tersebut.(mus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar